Cara Membersihkan Kursi Kulit Sintetis Secara Mudah dan Praktis

Kursi dengan bahan kulit sintetis menjadi pilihan favorit banyak orang karena tampilannya yang elegan serta perawatannya yang relatif mudah. Namun, untuk menjaga kursi kulit sintetis tetap bersih dan awet, diperlukan beberapa langkah perawatan yang tepat. Berikut ini adalah cara membersihkan kursi kulit sintetis secara mudah dan praktis.

“Kunjungi juga: jasa bersih rumah tangerang

1. Membersihkan Debu Secara Rutin

Langkah pertama dalam merawat kursi kulit sintetis adalah membersihkan debu dan kotoran yang menempel di permukaannya. Gunakan kain lembut atau kemoceng untuk membersihkan permukaan kursi setiap minggu. Ini membantu mencegah penumpukan debu yang bisa membuat kursi terlihat kusam.

2. Menggunakan Kain Mikrofiber

Kain mikrofiber sangat efektif untuk membersihkan kursi kulit sintetis karena seratnya yang halus dapat menangkap debu dan kotoran dengan baik tanpa merusak permukaan kursi. Basahi kain mikrofiber dengan sedikit air, lalu peras hingga agak kering dan usap permukaan kursi dengan lembut.

3. Campuran Air dan Sabun Lembut

Untuk membersihkan noda atau kotoran yang lebih membandel, campurkan air hangat dengan sedikit sabun cair lembut (seperti sabun cuci piring). Celupkan kain lembut ke dalam campuran ini, peras hingga lembab, lalu usap permukaan kursi dengan gerakan melingkar. Setelah itu, bersihkan sisa sabun dengan kain lembab yang bersih dan keringkan dengan kain kering.

4. Menghilangkan Noda Membandel

Jika ada noda yang sulit dihilangkan, seperti tinta atau minyak, gunakan pembersih khusus untuk kulit sintetis yang bisa Anda temukan di toko-toko. Pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan produk. Coba pembersih tersebut di area kecil dan tersembunyi terlebih dahulu untuk memastikan tidak merusak permukaan kursi.

5. Menggunakan Cuka Putih

Cuka putih dapat digunakan untuk menghilangkan bau dan noda pada kursi kulit sintetis. Campurkan cuka putih dengan air dalam perbandingan 1:1, celupkan kain ke dalam campuran tersebut, dan usap permukaan kursi. Setelah itu, bersihkan dengan kain basah dan keringkan dengan kain kering.

6. Menggunakan Minyak Zaitun

Untuk memberikan kilau alami pada kursi kulit sintetis, Anda bisa menggunakan minyak zaitun. Teteskan beberapa tetes minyak zaitun pada kain lembut, lalu usap permukaan kursi dengan lembut. Minyak zaitun akan membantu menjaga kelembutan dan kilau alami kulit sintetis.

7. Menghindari Paparan Langsung Sinar Matahari

Kulit sintetis dapat memudar jika terlalu sering terpapar sinar matahari langsung. Usahakan untuk menempatkan kursi di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung atau gunakan tirai untuk melindunginya.
“Kunjungi juga: jasa bersih rumah bandung