Apa itu SEO dan Apa Saja Jenisnya

Sejak zaman penjejalan kata kunci dan salinan clickbait, pengoptimalan mesin pencari (SEO) telah berkembang pesat.

Konten website Anda harus sesuai dengan maksud pengunjung potensial agar mendapat peringkat tinggi dalam hasil pencarian Google dan mesin pencari lainnya. Memahami cara mesin pencari bekerja dan cara orang menggunakannya adalah penting saat mengoptimalkan situs web Anda untuk SEO.

Apa Definisi Pemasaran SEO?

Strategi pemasaran yang dikenal sebagai optimisasi mesin pencari (SEO) bertujuan untuk meningkatkan visibilitas situs web di halaman hasil mesin pencari (SERP). Metode SEO termasuk pengoptimalan kata kunci, pembuatan konten berkualitas, pembuatan tautan, kecepatan situs, dan keramahan seluler.

Untuk alasan apa Pemasaran SEO sangat penting?

Apakah Anda membuat konten informasi atau produk komersial, yang dilihat oleh pengguna dalam mesin pencari, adalah bagian penting dari menjalankan situs web yang sukses.

59% pembeli dalam perdagangan menggunakan Google untuk meneliti barang yang akan mereka beli baik di toko maupun di internet. Di sisi lain, sekitar separuh pembeli menggunakan Google untuk menemukan produk baru.

Oleh karena itu, pengoptimalan e-commerce sangat penting untuk memastikan bahwa situs web Anda muncul lebih awal dan sering di hasil mesin pencari untuk kata kunci yang terkait dengan penawaran Anda. Tidak peduli seberapa bagus situs web Anda, faktanya adalah pengunjung tidak akan menemukan Anda jika peringkat pencarian Anda rendah. Jika Anda ingin mencari Jasa SEO Bali atau Jasa SEO Jakarta pilihlah yang sudah memiliki portfolio dan selalu cek hasil pencarian dengan kata kunci Jasa SEO

Jenis pemasaran SEO

Aktivitas SEO terbagi dalam tiga kategori umum. Mari kita lihat:

  • SEO pada halaman
  • SEO di luar halaman
  • SEO teknis

1. SEO pada halaman

Bagian terbesar dari aktivitas pemasaran SEO, SEO pada halaman melibatkan pengoptimalan konten situs web Anda (termasuk teks, gambar, dan video) untuk memastikan pengunjung dan mesin pencari dapat memahami dan menavigasi informasi yang Anda publikasikan.

Mesin pencari mencari faktor di halaman yang membantu menentukan kualitas konten Anda dan, pada gilirannya, menentukan peringkat situs Anda di halaman hasil. Contoh faktor SEO pada halaman mencakup relevansi topik, metadata, dan siput di URL halaman Anda.

2. SEO di luar halaman

Situs web Anda bukan satu-satunya tempat untuk pemasaran SEO—Anda juga dapat mengambil langkah di situs web lain untuk meningkatkan peringkat Anda di mesin pencari.

SEO di luar halaman pada dasarnya adalah tentang membangun tautan balik yang meningkatkan otoritas domain Anda. Artinya, link di website lain yang mengarah ke situs Anda.

Tautan Balik

Survei tautan antar situs web adalah bagian dari algoritma Google yang dikenal sebagai PageRank. Sistem peringkat ini adalah salah satu cara asli Google menentukan hasil mesin pencarinya, dan tetap menjadi bagian penting dari strategi pemasaran SEO.

Dengan mendapatkan tautan dari situs web terkemuka, Anda akan meningkatkan otoritas topik dan kemampuan peringkat Anda. Intinya, semakin banyak backlink berkualitas yang Anda miliki, semakin baik pula mesin pencari menafsirkan situs Anda.

Hal ini didasarkan pada asumsi bahwa konten dari situs web berkualitas tinggi secara alami akan ditautkan dan dibagikan.

Otoritas domain

Saat Anda membuat konten, membangun tautan, dan meningkatkan lalu lintas, situs web Anda akan meningkatkan otoritas domainnya.

Otoritas domain adalah ukuran kepercayaan suatu situs di mata mesin pencari. Situs web lama dengan otoritas domain tinggi lebih cenderung mendapat peringkat di halaman hasil mesin pencari untuk kata kunci yang terkait dengan bidang keahlian mereka.

3. SEO Teknis

SEO teknis melibatkan pembuatan perubahan di balik terpal situs web Anda untuk meningkatkan kinerja pencarian. SEO teknis memastikan kecepatan situs Anda cepat, dioptimalkan untuk perayap mesin pencari, dan ramah perangkat seluler.